Tingkatkan kewaspadaan dalam berbelanja online menjelang lebaran dan perhatikan tips agar tidak mimisan


Jakarta – OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengungkapkan belanja online berskala besar saat bulan puasa, khususnya menjelang Idul Fitri, dapat memicu berbagai jenis penipuan yang merugikan nasabah.

Merujuk data Asia Scam Report 2023, lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia pernah ditipu melalui SMS (69,8 persen), pesan instan (59,6 persen), dan WhatsApp (74,3 persen). OJK sendiri menegaskan, salah satu jenis penipuan yang dilakukan saat lebaran adalah hacking atau peretasan pesan chat.

Seringkali hal ini dilakukan untuk mengamankan data penting korban seperti email dan password m-banking, termasuk informasi kartu kredit dan lainnya. Menyadari hal tersebut, Bligli pun memperluas kemampuannya untuk mencegah risiko penipuan saat berbelanja online. Biasanya sniffing dikirimkan melalui pesan singkat berupa Android Package Kit. Beberapa metode populer dalam beberapa bulan terakhir adalah mengirimkan APK palsu dengan menyamar sebagai aplikasi pelacakan transfer komoditas.

Nah, agar tidak kekenyangan saat berbelanja online menjelang lebaran, Blibli juga membagikan tips penting berikut ini:

Jangan acuh terhadap bahaya menjadi korban penipuan online

Tak jarang, ada sebagian orang yang memaksakan diri untuk memahami dan peka dalam mendeteksi penipuan online. Faktanya, perilaku kriminal terus berkembang seiring berkembangnya era digital.

Oleh karena itu berhati-hatilah atau abaikan risiko penipuan online hanya karena Anda sudah terbiasa berinteraksi sosial. Selalu informasikan diri Anda tentang bahaya penipuan online dan cara menghindarinya.

Berharap untuk mendapatkan pilek selama musim belanja menjelang Idul Fitri.

Hindari mengeklik foto, video, dokumen, atau tautan mencurigakan lainnya

Sniffer jahat melakukan slot gacor hari ini aktivitasnya dengan mengirimkan berbagai jenis tautan, gambar, dan file untuk menyesatkan orang yang mengalami masalah. Oleh karena itu, ketika Anda menerima pesan berisi link dari nomor tak dikenal melalui chat, jangan langsung mendownloadnya.

Namun jika sudah klik, sebaiknya segera reset ponsel ke pengaturan pabrik. Dalam hal ini, hal lain yang perlu Anda waspadai adalah mengubah data semua akun aplikasi.

Ubah kata sandi Anda secara teratur dan jangan pernah menggunakan kombinasi yang mudah dimengerti

Meski sering dianggap sebagai kewajiban, rutin mengganti kata sandi semua aplikasi yang menyimpan data penting dapat menjadi penghalang efektif untuk menghindari berbagai penipuan online, termasuk pengintaian. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan data pribadi, penting juga untuk tidak menggunakan kombinasi kata sandi yang mudah dipahami, seperti tanggal lahir.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *