Tanggal 25 April 2024 Memperingati Hari Apa?


Tanggal 25 April 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Otonomi Daerah.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut sebagian peringatan yang jatuh pada 25 April 2024.

Hari Otonomi Daerah

Tiap tanggal 25 April diperingati sebagai Hari Otonomi Daerah.

Hari Otonomi Daerah ini diatur slot depo 10k berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April diatur sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah.

Sejarah otonomi tempat sudah ada semenjak zaman kolonial Belanda. Syaukani dkk, dalam bukunya “Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan” (2002) awal mula otonomi tempat muncul saat Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Peraturan seputar administrasi Negara Hindia Belanda yang dikenal Reglement op het Beleid der Regering van Nederlandsch Indie.

Kemudian pada 1903, Belanda memberikan kewenangan kepada tempat dengan mengeluarkan Decentralisatiewet.

Pada 1922, Pemerintah Belanda mengeluarkan tata tertib baru mengenai administrasi. Dari sana mulai muncul sebutan provincie (provinsi), regentschap (kabupaten), stadsgemeente (kota) dan groepmeneenschap (kelompok masyarakat).

Hari Deglarasi Internasional

Tanggal 25 April juga ada peringatan dunia bernama Hari Delegasi Internasional.

Hari Delegasi Internasional ini yaitu momentum untuk memperingati komitmen kerjasama dari bermacam-macam delegasi negara untuk saling bertukar pandangan dan pandangan baru mereka di forum PBB.

Delegasi dipilih saat politisi tingkat tinggi tak hadir. Mereka memberikan bunyi atas nama negara mereka di Majelis Awam PBB dan pada pertemuan lain.

Pada tanggal 26 Juni 1945, 50 negara menandatangani Piagam PBB.

PBB sekarang terdiri dari 192 Negara Anggota dan berhaluan pada serangkaian tujuan dan prinsip Piagamnya.

Pada tanggal 2 April 2019, Majelis Awam PBB memutuskan tanggal 25 April sebagai Hari Delegasi Internasional untuk memperingati penandatanganan Piagam PBB di San Francisco.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *