Siap Pakai 17 Agustus 2024, Proyek Tol IKN Hampir Beres


JAKARTA, Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) ditarget sudah bisa dilintasi pada 17 Agustus 2024.

Ada tiga ruas utama yang pertama dibangun, ialah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung, dan Seksi 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Ketua Satuan Tugas Kerja Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, cara kerja rata-rata slot server thailand proyek ketiga ruas tol tersebut sudah di atas 80 persen.

“Seksi 5A sudah 81 persen, Seksi 3A sudah 76 persen, dan Seksi 3B sudah 79,5 persen,” jelas Danis ketika ditemui di Kantor Kementerian Profesi Biasa dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Adapun pada upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI mendatang, Tol IKN Seksi 3A, 3B, dan 5A baru bisa dilintasi satu arah.

“Desember dua arah, nanti Agustus 2024 kita coba satu arah dulu,” lanjut Danis.

Selain tiga ruas utama, juga sudah dilakukan pembangunan Tol IKN Seksi 5B, 6A, 6B, 6C, hingga Duplikasi Jembatan Pulau Balang.

Rincian segmennya ialah Seksi 5B Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko, Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN, Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Sp. 3 ITCI, dan Seksi 6C Sp. 3 ITCI-Simpang 1B-Sumbu Kebangsaan Timur KIPP.

“Seksi 5B baru 10 persen, kemudian Seksi 6A-6B baru 30-an persen, Seksi 6C pelaksanaannya baik sudah 15 persen,” papar Danis.

Tapi demikian, Danis mengaku masih ada problem lahan di proyek Tol IKN Seksi 6A dan 6B. Lahan proyek tersebut berstatus Aset Dalam Pembatasan (ADP) tapi berpenduduk.

“Sedang diupayakan bersama-sama dengan Kementerian ATR/BPN, kemudian Menko Marves, Pemda Kaltim dan Pemda PPU mencari solusinya, dengan Kementerian Keuangan juga,” tuntas Danis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *