Leverkusen Kampiun, dari Area Degradasi ke Trofi, Keajaiban Alonso dalam 557 Hari


Saat Xabi Alonso datang pada 5 Oktober 2022, Leverkusen berada di posisi 17 Bundesliga. Siapa sangka 18 bulan kemudian, Leverkusen berhasil mencetak histori.

Leverkusen asuhan Xabi Alonso berhasil mengamankan titel Bundesliga pertama dalam 120 tahun sejarah klub.

Status sebagai juara Bundesliga 2023-2024 dipastikan Leverkusen melalui kemenangan telak 5-0 atas Werder Bremen pada perlombaan minggu ke-29 di Stadion BayArena, Pekan (14/5/2024).

Torehan Victor Boniface, Granit Xhaka, dan hattrick Florian Wirtz memicu pesta juara di BayArena. Berkat kemenangan atas Werder Bremen, Leverkusen mencapai 79 angka dalam 29 minggu Bundesliga 2023-2024.

Koleksi poin tim beralias Die Werkself tersebut tidak akan mampu lagi dikejar oleh dua pesaing terdekat, yaitu Bayern Muenchen (63) dan Stuttgart (63) dalam lima minggu sisa.

“Selamat dan angkat topi untuk seluruh personel tim Bayer Leverkusen,” ujar legenda timnas Jerman dan Bayern Muenchen, Lothar Matthaeus, dalam rilis Bundesliga yang diterima.

“Sistem Xabi Alonso membangun tim ini sungguh luar biasa. Mereka mendominasi Bundesliga musim ini dan masih berpeluang meraih kesuksesan di Liga Europa dan DFB Pokal,” ujar Matthaeus menambahkan.

Kekaguman Matthaeus terhadap performa Alonso benar-benar bisa dimengeri. Sebab, dikala Alonso datang mengisi tempat duduk Gerardo Seoane yang dipecat pada 5 Oktober 2022 silam, Leverkusen berada dalam posisi sulit.

Kala itu, Die Werkself menempat zona degradasi persisnya peringkat 17 klasemen Bundesliga 2022-2023 dan hanya https://www.alisajohnslimo.com/ menuai lima angka dari delapan perlombaan pembuka.

Start jelek Leverkusen pada musim lalu itu masih ditambah dengan kekalahan menyesakkan pada putaran pertama Piala Jerman alias DFB Pokal dikala melawan tim kasta ketiga, SV Elversberg.

“Dalam diri Xabi Alonso kami telah merekrut seorang pelatih yang, sebagai pemain, yaitu seorang profesional kelas dunia selama bertahun-tahun, seorang ahli taktik yang cerdas, dan benar-benar berhasil di tiga liga paling menuntut di Eropa,” kata Direktur Olahraga Leverkusen, Simon Rolfes, kala mengangkat Alonso pada 5 Oktober 2022.

Keputusan yang jelas sekarang benar-benar disyukuri oleh Rolfes dan jajaran manajemen Leverkusen. Perubahan kongkret dihadirkan Alonso, terlebih pada 2023-2024, yang yaitu musim penuh perdananya menukangi Die Werkself.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *