Dapatkan Fctrecht, Ivar Jenner seperti satu U-23 dari negara Indonesia ke Dubai


Makara Indonesia menerima band Umunime. Seperti diketahui, Shin Tae-yong total sudah memanggil 28 nama untuk memperkuat timnya di Kejuaraan Sepak Bola U-23 Asia. Pemainnya sebagian besar berasal dari klub lokal Ligue 1, dengan enam di antaranya mahjong slot bermain di luar negeri. Mereka adalah Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinand (KMSK Deinze), Pratama Arhan (Suwon FC), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Rafael Struick (ADO Den Haag) dan Justin Hubner (Cerezo Osaka) menjadi the deretan pemain asing di tim pilihan Shin Tae-yong.

Enam di antaranya tak sempat bergabung dengan timnas U-23 Indonesia saat Garuda Muda meninggalkan Jakarta untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Dubai, Senin (1/3/2024) lalu. Namun, Ivar Jenner akan segera menjadi pemain internasional pertama yang bergabung dengan timnya, karena klubnya telah mengundangnya untuk tugas internasional.

“Ivar Jenner berangkat (selanjutnya) ke pemusatan latihan (TC) bersama timnas muda Indonesia untuk persiapan Piala Asia U-23,” tulis FC Utrecht melalui tweet di X pada Selasa (2/4/2024) malam WIB. Selamat mencoba, Ivar, imbuh klub yang saat ini bermain di kasta teratas Liga Belanda, Eredivisie.

Piala Asia U-23 bukan milik FIFA

Sebagai informasi, Timnas U-23 Indonesia akan meningkatkan upayanya untuk meyakinkan klub-klub asing agar mengizinkan pemainnya mengikuti TC dan Piala Asia U-23 2024 pada April mendatang. Turnamen sepak bola yang berlangsung di Qatar tidak masuk dalam skema resmi FIFA sehingga klub tidak wajib mengirimkan pemainnya untuk menjawab panggilan internasional.

Di Indonesia sendiri, PSSI harus berbuat banyak untuk menghindari kontroversi terkait pemilihan timnas. Tim nasional sepak bola Indonesia menunda sementara promosi Liga 1 untuk memberikan keleluasaan kepada Shin Tae-yong mengelola tim.

Sayangnya, sistem serupa tidak berlaku bagi pemain yang membangun kariernya di luar negeri. PSSI hanya bisa mengandalkan negosiasi sambil menunggu pihak klub memberikan respon positif terkait pelepasan pemain pilihan Shin Tae-yong tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *